Simakan Sarana Peningkatan Kualitas Hafalan Siswa

Kegiatan Semaan MA Modern (IBS) Al-Azhary

Dari Mu’adz Al-Juhani ra bahwa Rasulullah ﷺ bersabda

مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَحَفِظَهُ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ وَشَفَّعَهُ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ كُلُّهُمْ قَدْ اسْتَوْجَبُوا النَّارَ

“Barangsiapa membaca Al Quran dan menghafalkannya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga serta akan memberi syafaat kepada sepuluh dari keluarganya yang seharusnya masuk neraka.” (HR. Abu Dawud)

Begitu mulianya orang yang menghafalkan Al-Qur’an niscaya akan masuk ke syurga, tempat yang dirindukan serta di dambakan umat islam. Selain itu para hafidz/hafidzah juga dapat memberikan syafa:at untuk sepuluh keluarganya yang masuk neraka.

Sesuatu yang erat kaitannya dengan hafalan, tidak terlepas dari simakan.

Kata ‘simakan’ atau ‘semaan’ berasal dari bahasa Arab sami’a-yasma’u, yang artinya mendengar. 
Kata tersebut diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi “simaan” atau “simak”, dan dalam bahasa Jawa disebut “semaan”. Dalam penggunaanya, kata ini tidak diterapkan secara umum sesuai asal maknanya, tetapi digunakan secara khusus kepada suatu aktivitas tertentu para santri atau masyarakat umum yang membaca dan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Tidak hanya sekadar membaca dan mendengar Al-Qur’an, penggunaan kata semaan saat ini secara ketat disematkan kepada sejumlah orang yang membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan cara menghafalnya.

MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang menyelenggarakan kegiatan simakan Al Qur’an dalam rangka menjaga hafalan peserta didik. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis pukul 13.45 sampai pukul 14.30 WIB.

Hari ini (4 Agustus 2022), simakan perdana dari siswi kelas XII, Amodia Vala Mandesta, putri dari bapak Hadikrun dan ibu Rusminah berlangsung khidmat di tempat yang penuh sejarah dan berkah yaitu Musholla Umi Kultsum. Kegiatan ini diawali dengan murojaah juz 30 yaitu surat At Tin, Al Qodr, dan Al Lail. Kemudian di lanjutkan simakan 1/3 juz 1.

Bapak Amrih Prayoga, S. Pd selaku kepala madrasah turut hadir menambah semangat kegiatan simakan pada hari ini. Partisipasi seluruh siswa MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang menjadikan ikatan untuk bersama menjaga hafalan yang sudah di dapatinya. Allahummarhamna Bil Qur’an…. (nm)

Kegiatan Simakan Rutin 1
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Komentar Facebook

Berita Lain

Follow Facebook