SANTRI MAMORY BERPARTISIPASI DALAM OLIMPIADE PAI DAN LOMBA DA’I HMPS UIN SAIZU PURWOKERTO 2023

Mamory-olimpiade pai

Banyumas, 2 Oktober 2023 – Empat siswa dari MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang, Kabupaten Banyumas, mengikuti lomba Olimpiade Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) Saizu Purwokerto. Selain itu, satu siswa juga berpartisipasi dalam lomba Da’i yang merupakan bagian dari acara tersebut. Sayangnya, meskipun telah berusaha keras, mereka semua belum berhasil meraih juara.

Keempat siswa MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang yang berpartisipasi dalam lomba PAI ini adalah Nur Hikmah (XII), Dini Lutfianti (XI), Yasintha Bunga Candrakirana (XI), dan Muhammad Sulthon Hakim (X). Mereka telah melalui seleksi internal di sekolah mereka dan berhasil mewakili MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang dalam kompetisi yang prestisius ini.

Lomba Olimpiade PAI HMPS UIN Saizu Purwokerto diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai Sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA-SMK-MA-MAK) se Provinsi Jawa Tengah. Kompetisi ini bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa dalam berbagai aspek ilmu Pendidikan Agama Islam, seperti Al-Qur’an Hadits, Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah AKhlak dan Ilmu Kalam. Meskipun keempat siswa dari MA Al-Azhary telah mempersiapkan diri dengan baik dan berusaha keras, mereka belum berhasil meraih posisi juara dalam lomba ini.

Selain keempat siswa yang berpartisipasi dalam lomba PAI, satu siswa lainnya dari MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang, yaitu Muhammad Izzul Fikri, turut ambil bagian dalam lomba Da’i yang juga diselenggarakan dalam rangkaian acara ini. Lomba Da’i ini menguji kemampuan siswa dalam berbicara tentang nilai-nilai Islam dan menyampaikan pesan-pesan positif kepada masyarakat. Meskipun Muhammad Izzul Fikri telah memberikan penampilan yang baik dan inspiratif dalam lomba ini, dia juga masih belum berhasil meraih juara.

Meskipun tidak berhasil meraih prestasi tertinggi dalam kompetisi ini, keikutsertaan mereka dalam lomba Olimpiade PAI dan lomba Da’I adalah suatu pencapaian yang patut diapresiasi. Hal ini menunjukkan semangat belajar dan dedikasi mereka dalam memahami dan menyebarkan nilai-nilai agama Islam. Madrasah dan guru-guru mereka juga sangat mendukung dan bangga dengan partisipasi mereka dalam acara ini.

Kepala MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang, Amrih Prayoga, menyatakan, “Meskipun kami tidak berhasil meraih juara dalam lomba ini, keikutsertaan siswa-siswa kami adalah langkah awal yang baik dalam memperluas pemahaman mereka tentang agama Islam. Kami berharap pengalaman ini akan memotivasi mereka untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang PAI dan dakwah Islam.”

Acara ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lainnya untuk aktif dalam kegiatan keagamaan dan kompetisi sejenis di masa mendatang, serta meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama Islam. Selamat kepada kelima siswa MA Al-Azhary Ajibarang yang telah berpartisipasi dalam lomba Olimpiade PAI dan lomba Da’i HMPS UIN Saizu Purwokerto dan, semoga pengalaman ini dapat menjadi bekal berharga bagi masa depan mereka. (AM)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Komentar Facebook

Berita Lain

Follow Facebook