MA AL-AZHARY GELAR UJIAN PRAKTIK IBADAH SETIAP TENGAH DAN AKHIR SEMESTER

Efek dari perkembangan zaman, digital, sosial dan budaya yang terjadi saat ini, Indonesia punya tantangan besar dalam membentuk karakter generasi bangsa yang siap secara religi, sosial, intelektual dan teknologi agar mampu memajukan indonesia di tengah perubahan yang terjadi. Hal ini tentu menjadi kendala bagi orang tua untuk menempatkan putra putrinya di sekolah yang tepat dan menimbulkan kekhawatiran dengan rutinitas anaknya yang takut terjerumus ke komunitas dan kegiatan yang salah.
MA Modern (IBS) Al-Azhary menyambut keluhan orang tua dengan menciptakan program program untuk membentuk karakter bangsa yang salah satunya yaitu kemampuan religius peserta didik. Banyak Lembaga pendidikan memberikan pengajaran reiligi kepada peserta didik namun hanya sekedar materi tanpa memantau pembiasaan dan praktik kegiatan ibadah tersebut secara detail dan adab pelaksanaannya.
Kami MA Modern (IBS) Al-Azhary akan membentuk putra putri bangsa yang punya ilmu keagamaan yang baik materi praktek dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari. Salah satu agenda rutin yang harus dilaksanakan oleh siswa MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang dua kali setiap semester adalah ujian praktik ubudiyah yang dilaksanakan setiap momen tengah semester dan akhir semester. Untuk kali ini MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang mengadakan ujian praktik ubudiyah bagi kelas X, XI dan XII setelah pasca pelaksanaan PAS yaitu hari Jum’at – Sabtu (3-4/12/2021).
Materi yang diujikan adalah materi Ubudiyah yang sering digunakan dan dilaksanakan di masyarakat seperti wuldu, tayamum, khotbah, bilal jum’at bilal tarowih, mandi wajib, memimpin tahlil dan sebagainya yang disajikan dalam bentuk buku kendali ujian praktek ibadah yang berisi 20 materi yang wajib dikuasai peserta didik selama masa belajar di MA Modern AL Azhary.

Pelaksanaan Ujian praktik ibadah dilaksanakan secara induvidu yang diamati oleh penguji dan seluruh siswa. Setiap jenjang kelas mempunyai tingkat kesulitan materi yang berbeda beda sesuai dengan ruang lingkup materi yang diinintegrasikan dengan mapel terkait.
“Ujian praktik ubudiyah ini bertujuan untuk merespon tantangan global diperlukan output yang pandai secara keilmuan dan pandai secara spiritual Sehingga kami berharap lulusan madrasah kami bermanfaat langsung saat terjun di masyarakat dengan ilmu agama yang udah terkonfirmasi kualitas dan mental anak saat terjun di masyarakat nanti.”. Terang kepala MA Modern (IBS) Al-Azhary Ajibarang, Amrih Prayoga, S.Pd.

Penanggung jawab pelaksana ini telah menyusun dan merancang berbagai materi ujuan praktik ubudiyah sesuai dengan landasan ajaran agama islam ahlussunnah wal jama’ah. Penyusunan materi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan individu dan sosial siswa, artinya supaya materi-materi yang diujikan dalam ujian praktik ubudiyah tersebut bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
“Status ujian praktik ibadah merupakan kegiatan Co-kurikuler yang melekat dan menjadi salah satu persyaratan dalam mengikuti kegiatan akademik lainnya seperti Praktik Ilmu Amaliah Lapangan (PIALA) dan juga kan menjadi syarat kelulusan” lanjut Wakil Kepala bid Kurikulum MA Modern (IBS) Al-Azhary, Abdul Muzaqi, S.Pd.I.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Komentar Facebook

Berita Lain

Follow Facebook