SISWA MA MODERN (IBS) AL-AZHARY TERJUN KE MASYARAKAT

Siswa-siswi kelas XII MA Modern (Islamic Boarding School) Al-Azhary menjalani Praktik Ilmu Amaliah Lapangan (PIALA) di pondok pesantren dan madrasah yang ada di wilayah Banyumas dan Brebes. Ada 15 santri yang siap diterjunkan dalam kegiatan ini.

Acara pemberangkatan peserta PIALA berlangsung ruang kelas Madrasah Aliyah Modern (Islamic Boarding School) Al-Azhary Ajibarang, Senin (14/02/2022). Dihadiri oleh Pembina Lembaga Pendidikan Al-Azhary, Kepala MA, Mts dan MI Modern Al-Azhary, Pimpinan Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Azhary, serta para pembimbing dari dewan guru.

Amrih Prayoga, selaku Kepala Madrasah Aliyah Modern IBS Al-Azhary menjelaskan, “Praktik ilmu amaliah lapangan (PIALA) merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh peserta didik MA Modern (IBS) Al-Azhary sebagai salah satu syarat kelulusan. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan selama praktik ilmu amaliah lapangan adalah mengamati, mempelajari dan mengamalkan ilmu yang sudah di dapat dari madrasah untuk diterapkan secara nyata di masyarakat” katanya.

Sebanyak 16 siswa terbagi menjadi 2 kelompok dikirim ke 2 tempat yang berbeda, pertama di Pondok Pesantren Darul Hikmah Gumelar Kab. Banyumas dan yang kedua di MDTA Bustanus Sibyan Paguyangan Kab. Brebes, terang Abdul Muzaqi selaku penanggungjawab kegiatan PIALA

PIALA kali ini dilaksanakan 14 hari. Mulai tanggal 12 April 2021 sampai 9 Mei 2021. Lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya yang awalnya sekitar 7 hari. Pelaksanaan PIALA tahun 2021 dilakukan secara terbatas dilingkungan pondok pesantren al-azhary saja, dikarenakan masih pandemi Covid-19. Tahun ini setelah melihat angka penularan Covid menurun maka PIALA dilaksanakan di lapangan,” tambah Abdul Muzaqi.

Kegiatan dakwah para santri ini mengajar mengaji, ceramah, bahasa asing, membantu pembuatan video promosi lembaga pendidikan serta membantu masyarakat.

Pembina Lembaga Pendidikan Al-Azhary, Syarif Hidayat berpesan “para peserta PIALA harus menjunjung tinggi akhlakul karimah dalam mengabdi di masyarakat serta menyebarkan syiar yang baik lembaga pendidikan Al-Azhary, maksimalkan dan manfaatkan kesempatan ini dan diharapkan PIALA ini memberi kesan positif di masyarakat. (zq)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Komentar Facebook

Berita Lain

Follow Facebook